Perpustakaan sekolah sebagai gudang ilmu pengetahuan dan informasi selayaknya menjadi tempat sumber belajar yang digunakan oleh guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Perpustakaan harus selalu siap setiap saat untuk menunjang dan terlibat dalam pelaksanaan proses pembelajaran, baik didalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran. Dalam rangka memberikan layanan, perpustakaan diharapkan dapat memberikan layanan minimal sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Salah satu cara mengembangkan perpustakaan sekolah adalah mengikuti akreditasi perpustakaan. Akreditasi perpustakaan adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh LAP-PNRI (Lembaga Akreditasi Perpustakaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) yang menyatakan bahwa suatu lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan minimal untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. (Pedoman Akreditasi Perpustakaan. Perpusnas RI.2012).

Maka dari itu Pustakawan Darul Ilmi (SMP IT Wahdah Islamiyah) berusaha mengembangkan perpustakaan sekolah yang tiada lain bertujuan untuk mewujudkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan sekolah secara keseluruhan. Keberadaan perpustakaan sekolah bertujuan untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar yaitu dengan menyediakan koleksi bahan perpustakaan untuk mendukung pembelajaran, menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi dengan menyediakan koleksi bahan perpustakaan yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan memperdalam ilmu pengetahuan peserta didik.

Berlandaskan niat baik ini Perpustakaan Darul Ilmi memberanikan diri mengikuti akreditasi perpustakaan. Dimulai dari kunjungan pak Tulus Wulan Juni, salah seorang Pustakawan Terbaik Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan berbincang langsung dengan bapak Kepala Sekolah. Dari hasil pembicaraan tersebut lahirlah inovasi-inovasi baru untuk pengembangan perpustakaan ke depannya dan salah satunya adalah mengikuti Akreditasi Perpustakaan. Meskipun pengalaman dan ilmu mengenai perpustakaan sangat minim, Alhamdulillah dengan bekal Mengikuti Magang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dan bantuan dari Tim Sentuh Pustaka sehingga bisa melewati masa-masa berat selama pembuatan borang dan pengajuan berkas Akreditasi.

Rabu, 9 Maret 2022 bertempat di hotel Horison Makassar, dalam rangka pelaksanaan kegiatan forum perangkat Daerah Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan dirangkaikan penyerahan sertifikat Akreditasi perpustakaan sekolah dalam wilayah pemerintahan kota Makassar, sesuai dengan harapan, cita-cita dan doa yang kami panjatkan Alhamdulillah Perpustakaan Darul Ilmi mendapatkan hasil yang memuaskan yaitu Akreditasi A.

Atas nama seluruh Pengelola Perpustakaan Darul Ilmi menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut mengantarkan perpustakaan untuk meraih nilai dengan Akreditasi A.

Perjuangan belum berakhir, bahkan baru akan dimulai dan akan terus berkesinambungan, dengan harapan semoga Perpustakaan Darul Ilmi dapat semakin berkembang dan mampu memberikan pelayanan prima kepada seluruh Pemustaka.

Salam Literasi…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.